explicitClick to confirm you are 18+

Tips Memilih Mobil Bekas Yang Baik

ganangaryaDec 21, 2018, 7:01:58 AM
repeatthumb_upthumb_down

Memang tak semua orang memiliki kesempatan untuk mampu membeli mobil baru, namun bila anda jeli anda bisa mendapatkan mobil second namun kondisinya mendekati baru.

Perlu anda ketahui bahwa tak semua orang menjual mobil mereka dalam kondisi yang baik, sehingga anda perlu teliti dalam memilih mobil bekas yang akan anda beli.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui saat melakukan pembelian mobil second, dan berikut ini beberapa cara melakukan pengecekan sebelum anda membeli mobil bekas.

1. Cek catatan servis

Salah satu hal yang perlu anda pertanyakan adalah catatan servis kendaraan itu, karena anda bisa melihat rutin tidaknya servis dilakukan dan juga anda akan mengetahui bengkel mana mobil tersebut di servis.

Hal ini sangatlah penting karena anda akan mengetahui mobil tersebut terawat atau tidak, dan bila terawat tentunya mobil akan memiliki performa yang prima.

Mobil yang rutin di servis tentu akan mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya, di mana dia merupakan orang yang mampu merawat dan menjaga kondisi mobilnya.

Dan bila anda memiliki pilihan, pilihlah mobil yang servisnya dilakukan di bengkel resmi karena terjamin keaslian onderdil.

Baca juga: Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Kredit

2. Waspadai mobil dengan harga miring

Pepatah mengatakan ada rupa ada harga, dan ini berlaku saat anda membeli mobil second. Bukan berarti dengan pepatah ini akan menyulitkan anda untuk menemukan mobil bagus dengan harga murah, namun anda perlu berhati-hati apabila anda menemukan mobil dengan harga yang murah dan itu berada dibawah pasaran.

Hal itu karena kemungkinan mobil tersebut dalam kondisi yang kurang bagus, atau mungkin penjual memasang mobil murah untuk memancing pembeli datang ke showroomnya untuk ditawari mobil yang lain.

3. Periksa bagian aksesoris dan interiornya

Saat anda melakukan pengecekan kondisi mobil, pastikan anda memeriksa bagian interior mobil. Ada banyak sekali komponen interior yang perlu Anda cek fungsinya, seperti AC, sistem audio, dan juga switch lampu. Anda harus memastikan semua fitur yang ada bekerja dengan baik dan tidak memiliki kendala apapun, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman dan lain-lain.

Anda bisa mengecek dan meneliti bagian interior mobil, cobalah untuk menduduki jok depan dan belakang untuk merasakan kenyamanan nya.

Selain itu Anda juga perlu untuk memeriksa kondisi dasbor, plafon dan juga karpet. Perhatikan pula bau dari interior apakah interior berbau apek atau tidak, apabila berbau apek bisa saja mobil tersebut pernah terkena banjir.

Baca juga: Bengkel Rekanan Garda Oto Dengan Standar Baik

4. Periksa body mobil

Periksalah kondisi bodi serta eksterior mobil secara menyeluruh, dan pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil masih orisinil dan belum mengalami perbaikan.

Anda bisa memperhatikan juga kondisi cat mobil, karena terkadang cat mobil terlihat belang yang disebabkan karena perbaikan yang tidak rapi.

Dan hal utama dalam pemeriksaan body adalah memperhatikan struktur rangka utama mobil, pastikan rangka ataupun sasis mobil masih dalam keadaan prima. Untuk kondisi mobil bekas, Anda juga bisa menambahkan asuransi mobil all risk sehingga mobil Anda tetap tercover dengan baik.